TIPS MENJALANI IBADAH PUASA DI MASA PANDEMI

Bulan Ramadhan tahun 2020  sangat berbeda dengan bulan-bulan ramadhan di tahun sebelumnya, dikarenakan kita menjalani puasa bersamaan dengan  situasi Pandemi covid 19 yang sedang mewabah di seluruh dunia, dan tentunya kesehatan Anda sedang diutamakan. Ramadhan selain menambah pahala juga tidak lupa kita perlu memperhatikan kesehatan dan kebugaran tubuh supaya Anda tidak terjangkit virus dan menjalaninya dengan maksimal. Berikut tips P-U-A-S-A,  saran dari kami supaya kondisi tubuh Anda tetap fit menjalani puasa di masa pandemi:

Pastikan Tidur yang Cukup

Kurangnya jam tidur dapat mempengaruhi imunitas kita, sehingga mudah terpapar virus. Jadi karena jam untuk sahur lebih pagi maka Anda harus tidur lebih pagi, sehingga jumlah jam tidur Anda tetap 8 jam.

Usahakan Makan Asupan Bergizi

Puasa pada dasarnya Anda hanya makan saat sahur dan berbuka saja. Hal ini memungkinkan tubuh kekurangan asupan nutrisi penting seperti biasanya, sehingga dapat membuat daya tahan tubuh Anda melemah. Maka bila perlu, saat sahur dan berbuka ada baiknya mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin.

Air Minum Harus Tetap Minimal 2 Liter atau 8 Gelas per Hari

Mengingat saat puasa kita harus menahan dahaga dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari. Meski begitu, minum air 8 gelas harus tetap bisa dilakukan dengan 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas antara setelah berbuka dan sebelum tidur. Konsumsi air minum yang cukup dapat mencegah dehidrasi dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Selalu Ada Waktu Olahraga dan Berjemur Matahari

Meski berpuasa, bukan berarti Anda tidak harus berolahraga. Puasa tidak menghalangi untuk melakukan aktivitas fisik. Berolahraga bisa dilakukan selama 30 – 60 menit dipagi hari untuk bisa menjaga stamina daya tahan tubuh. Dan sebisa mungkin sekaligus berjemur matahari untuk mendapat panas matahari yang sehat.

Andai Bertemu Orang Tetap Jaga Jarak

Puasa kali ini tampaknya akan terasa berbeda karena situasi pandemi virus corona, karena tidak ada sholat tarawih bersama di masjid, buka bersama di restoran, kunjungan keluarga. Namun jika Anda harus bertemu karena

kebutuhan yang penting, tetap melakukan standart kesehatan bersama dengan menjaga jarak 1 meter. Ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran visrus corona.

Selamat menjalankan ibadah Puasa dengan tetap menjaga kesehatan.

Related Posts

10

Nov
Artikel

Warga Negara Kelas Satu

Hari Pahlawan rutin kita peringati setiap tanggal 10 November. Tentu saja hal tersebut ditetapkan sebagai hari libur nasional bukan tanpa makna. Selain terus mengenang jasa para pahlawan, penting juga menemukan relevansi arti pahlawan, khususnya di era digital sekarang ini, di mana segala bentuk komunikasi lebih banyak dilakukan dalam dunia maya atau jejaring sosial. Secara etimologis, kata pahlawan […]

18

Sep
Artikel

Pakai Masker Oksigen Kita Sendiri Sebelum Menolong Orang Lain

By. Rani K Saat Anda membaca judul artikel ini, mungkin Anda berpikir, “Wah, egois sekali kalau saya memperhatikan diri sendiri sebelum menolong orang lain” atau Anda mungkin berpikir “mengapa saya harus memperhatikan diri sendiri dulu sebelum memperhatikan orang lain?”. Manakala awak pesawat memperagakan tindakan keamanan standar, jarang sekali orang yang memperhatikan. Saya selalu menghentikan apapun yang sedang[…]