Mengembangkan Pola Pikir Pemilik Usaha Keluarga

By: Tony Chen, M.M

Editor: Dhania Puspa Purbasari

Dalam sebuah bisnis keluarga, pemilik tidak serta merta seseorang yang berinvestasi dalam perusahaan keluarga yang dijalankan. Malahan, ‘seseorang’ tersebut adalah bagian dari keluarga besar yang jika dipikir-pikir sebenarnya justru menghadapi tantangan unik jika dibandingkan dengan orang yang tidak bergabung dalam bisnis keluarga. Agar dapat merunut tantangan-tantangan ini, penting sekali untuk mengembangkan pola pikir dari seorang pemilik usaha keluarga. Pola pikir ini merujuk kepada pemahaman mendalam atas budaya bisnis keluarga, nilai-nilai di dalamnya, dan kepentingan kolektif dari mereka-mereka yang terlibat di dalamnya. Dengan sengaja dan secara penuh sadar membangun pola pikir seperti itu pada semua pemilik - yang ada dan potensial - dapat membantu menciptakan tujuan dan arah bersama, untuk meningkatkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi.

Elemen Kunci Pola Pikir Pemilik Perusahaan Keluarga – Kapasitas Kolektif melalui Kegiatan Pengembangan Keterampilan

Elemen kunci dari pengembangan pola pikir pemilik usaha keluarga termasuk di dalamnya juga memelihara visi dan tujuan bersama, membangun kepercayaan dan keterampilan komunikasi, dan mengembangkan kemampuan pengambilan keputusan, tata kelola, dan kemampuan dalam kepemimpinan yang efektif. Untuk mendorong unsur-unsur ini, kapasitas kolektif sangat penting. Ini mengacu pada kemampuan sistem keluarga secara keseluruhan untuk bekerja sama secara efektif menuju tujuan bersama. Untuk meningkatkan kapasitas kolektif, diskusi terfokus, lokakarya, dan kegiatan pengembangan keterampilan dapat memperdalam hubungan dan meningkatkan kemampuan keluarga.

Sumber Pendukung Pengembangan Pola Pikir Pemilik yang Efektif

Mengembangkan pola pikir pemilik perusahaan keluarga membutuhkan berbagai pengetahuan, keterampilan, dan sumber daya. Grup Konsultasi Bisnis Keluarga merekomendasikan pendekatan multi-dimensi yang mencakup pembelajaran terstruktur, pembinaan, pendampingan, dan jaringan rekan. Selain itu, jurnal akademik seperti Journal of Family Business Strategy, Family Business Review, dan Journal of Small Business Management adalah sumber informasi dan wawasan yang berharga.

Referensi dari daftar literatur berikut dapat dikutip untuk lebih mendukung pengembangan pola pikir pemilik yang efektif:

  1. Craig E. Aronoff, John L. Ward, and Joseph H. Astrachan, Family Business Ownership: How to Be an Effective Shareholder (Family Enterprise USA, 2013).
  2. Jennifer M. Pendergast and John L. Ward, Keeping the Family Business Healthy: How to Plan for Continuing Growth, Profitability, and Family Leadership (Palgrave Macmillan, 2011).
  3. Andrea Calabrò, Jess H. Chua, James J. Chrisman, and Francesco Barbera, “Family Business Studies: An Annotated Bibliography,” Journal of Family Business Strategy 11, no. 1 (2020): 100309.
  4. Pramodita Sharma and Jess H. Chua, “Fostering a Family Enterprise Ownership Mindset,” Family Business Review 33, no. 3 (2020): 237-249.
  5. Rochelle R. Brunson, Donald R. Dobbins, and Michael R. Wick, “Building Familiness Through Collective Capacity in Family Firms,” Journal of Small Business Management 56, no. 3 (2017): 409-423.

Jadi kesimpulannya, mengembangkan pola pikir pemilik perusahaan keluarga membutuhkan pembangunan pola pikir yang bertujuan, dan aktivitas pengembangan kemampuan yang efektif. Keluarga yang memprioritaskan penanaman pola pikir ini akan berada pada posisi yang lebih baik untuk menghadapi tantangan-tantangan unik dalam menjalankan bisnis keluarga. Dengan sumber daya dan dukungan yang tepat, pemilik dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan, serta menjembatani kesenjangan antara sistem keluarga dan bisnis secara efektif.

Jangan lupa cek daftar layanan kami di https://campsite.bio/indonesiahebat jika Anda ingin mendapatkan pelatihan, bimbingan pengembangan diri maupun konsultasi untuk bisnis keluarga Anda. https://campsite.bio/indonesiahebat to get training, personal development guidance or consultation for your family business.

Pantau juga media sosial kami untuk informasi menarik lainnya. Mari bersama kita melangkah menuju Indonesia hebat! Mari bersama kita melangkah menuju Indonesia hebat!

id_ID