5 Tips Agar Ramadhan Bersama Keluarga Tetap Bermakna di Tengah Pandemi Corona

Mungkin di bulan Ramadhan sebelumnya, kita banyak memiliki berbagai agenda di luar rumah mulai dari buka puasa bersama, tarawih di masjid atau mushola serta agenda khas Ramadhan lainnya.

Di masa pandemi wabah seperti ini,  kendati banyak hal yang harus dibatasi, jangan sampai Ramadhan kita kehilangan makna, justru manfaatkanlah situasi pandemi ini untuk semakin dekat dengan keluarga lewat hubungan yang berkualitas.

Berikut ada beberapa cara untuk menjadikan Ramadhan ini menjadi waktu yang indah dan bermakna bersama keluarga.

1. Susun agenda Ramadhan bersama

Susun berbagai agenda yang menyenangkan namun juga bermakna. Contohnya bisa membuat list kegiatan selama bulan Ramadhan untuk keluarga. Misalnya saling menyemangati untuk mengaji setiap malam atau mendengarkan sharing-sharing online Ramadhan bersama keluarga menjelang sebelum waktu berbuka puasa, belajar Alquran dengan keluarga yang lain menggunakan aplikasi video online atau buat acara-acara berbuka dengan keluarga yang lain lewat online (Quiz atau sharing interactive), salah satu saran untuk keluarga Anda, dapat mendengarkan sharing Ramadhan di Cando Live Sharing Qando Qoaching.

2. Siapkan sajian isimewa

Istimewa bukan berarti mewah, namun yang paling penting adalah kebersamaannya dan prosesnya. Kita bisa melibatkan anak atau pasangan untuk masak bersama makanan yang akan disajikan pada saat berbuka puasa

3. Peduli dan berbagi dengan sekitar

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bukan berarti membuat kita tak peduli terhadap sekitar, apalagi Ramadahan merupakan bulan terbaik untuk berbagi. Mari ajak anak dan pasangan kita membuat sesuatu untuk dibagikan kepada teman-teman yang membutuhkan, misalnya berbagi takjil yang sudah kita buat di depan rumah atau berbagi sembako yang dapat kita berikan bagi teman-teman disekitar kita (dengan memperhatikan physical distancing).

4. Olahraga Bersama

Menjalankan hari-hari di Rumah, bukan berarti kita hanya berdiam diri tanpa menjaga kesehatan diri. Anda dapat mengajak anggota keluarga untuk olahraga bersama di depan rumah atau di dalam rumah secara bersama-sama, atau berjemur bersama serta dapat mengajak anak untuk melakukan olahraga ringan bermain bola, dan aktifitas lainnya.

5. Buatlah “perayaan” menyambut Ramadhan

Bagaimanapun kondisinya, Ramadhan harus tetap terasa istimewa. Banyak yang dapat dilakukan, misalnya dengan mengajak anak dan pasangan membuat dekorasi rumah untuk menyambut bulan mulia ini dengan pernak-pernik Ramadhan. Dan mengajak keluarga membersihkan rumah, agar ibadah bersama keluarga di bulan Ramadhan semakin nyaman.

Mari, jadikan saat-saat Ramadhan di masa pandemi kali ini menjadi momen yang berkesan bersama keluarga Anda. Salam

Related Posts

10

Nov
Artikel

Warga Negara Kelas Satu

Hari Pahlawan rutin kita peringati setiap tanggal 10 November. Tentu saja hal tersebut ditetapkan sebagai hari libur nasional bukan tanpa makna. Selain terus mengenang jasa para pahlawan, penting juga menemukan relevansi arti pahlawan, khususnya di era digital sekarang ini, di mana segala bentuk komunikasi lebih banyak dilakukan dalam dunia maya atau jejaring sosial. Secara etimologis, kata pahlawan […]

18

Sep
Artikel

Pakai Masker Oksigen Kita Sendiri Sebelum Menolong Orang Lain

By. Rani K Saat Anda membaca judul artikel ini, mungkin Anda berpikir, “Wah, egois sekali kalau saya memperhatikan diri sendiri sebelum menolong orang lain” atau Anda mungkin berpikir “mengapa saya harus memperhatikan diri sendiri dulu sebelum memperhatikan orang lain?”. Manakala awak pesawat memperagakan tindakan keamanan standar, jarang sekali orang yang memperhatikan. Saya selalu menghentikan apapun yang sedang[…]