Tips Mengurangi Stres Di Tempat Kerja

Dia bersembunyi dalam bayang-bayang, menghabiskan energi Anda, menghancurkan konsentrasi Anda, dan mengguncang kepercayaan diri Anda.

Siapakah dia?

STRES!

Ini bukan main-main. Penelitian yang tak terhitung jumlahnya menunjukkan bahwa stres berlebihan dapat menyebabkan gejala fisik nyata seperti sakit kepala, sakit perut, peningkatan tekanan darah, dada terasa sakit, dan sulit tidur. Belum lagi perannya dalam gangguan mood seperti kecemasan dan depresi.

65% orang dewasa mengatakan bahwa pekerjaan adalah sumber stres yang signifikan.

Bagaimana Anda tahu jika tingkat stres Anda sudah diluar kendali? Berikut beberapa tanda-tandanya :

• Suasana hati yang tertekan – kehilangan kepercayaan diri, menjadi mudah marah, atau menarik diri

• Kehilangan minat pada pekerjaan dan menjadi apatis

• Sulit tidur atau selalu merasa kelelahan

 • Sulit berkonsentrasi

• Mengalami ketegangan otot, sakit kepala, atau masalah perut

• Penurunan libido

• Beralih ke alkohol atau narkoba

Berikut adalah 6 metode yang telah dicoba dan terbukti ampuh untuk menghilangkan stres di tempat kerja :

1. Membangun Hubungan Pertemanan Positif

Banyak stres berkurang hanya dengan cara membicarakannya kepada teman yang kita percaya. Itu sebabnya hubungan positif di tempat kerja sangat penting. Selain itu, pertemanan dapat mengalihkan pikiran Anda dari stres serta tugas-tugas harian yang monoton.

2. Mulai Berolahraga (atau Berolahraga Lebih Banyak)

Latihan aerobik yang teratur adalah peredam stres alami, karena mampu meningkatkan mood dan melepaskan endorphin. Olahraga juga membantu mengalihkan pikiran Anda dari stres. Dengan melatih diri Anda untuk fokus pada gerakan tubuh Anda (bukan merenungkan kekhawatiran Anda), olahraga bisa menjadi bentuk meditasi aktif dan memiliki efek menenangkan pada tubuh dan pikiran.

3. Makan Makanan Sehat dan Bergizi

Pernah mendengar ungkapan “makan perasaanmu”?

Itu adalah fenomena nyata. Banyak orang beralih ke “makanan yang tidak sehat sebagai manajemen stres di tempat kerja.

Mengapa ini terjadi? Ketika kita stres, otak kita melepaskan hormon kortisol, yang membuat kita menginginkan makanan asin, manis, dan sarat lemak untuk kesenangan sementara.

Namun ironisnya, makanan tersebut justru dapat memperburuk masalah. Gula atau makanan yang sarat lemak seperti pizza, burger, dan es krim membuat kita merasa lesu dan kurang bersemangat, sehingga pada gilirannya justru memperparah stres kita.

Itulah mengapa sangat penting untuk makan makanan sehat yang kaya akan karbohidrat kompleks yang dapat memicu otak kita untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus. Hal ini akan memberi Anda kekuatan untuk belajar bagaimana menangani tekanan kerja & bagaimana mengatasi stres di tempat kerja.

4. Cukup Tidur

Stres telah lama dikaitkan dengan insomnia kronis. karena kurang tidur menghambat kemampuan Anda untuk mengatasi stres, dan secara negatif memengaruhi suasana hati dan pandangan Anda. Intinya adalah, Anda tidak bisa mengurangi stres ketika Anda gelisah dan mudah tersinggung karena kurang tidur.

5. Prioritize and Organize

Merasa kewalahan karena tugas yang bertumpuk-tumpuk adalah penyebab utama stres. Cara yang bagus untuk mengurangi stres Anda adalah membuat skala prioritas dan pengorganisasian.

6. Tendang Kebiasaan Buruk Anda

Cara pandang kita yang salah terhadap segala sesuatu sangat berperan penting dalam mengundang stres, karena pikiran negatif merupakan sumber terbesar timbulnya stres. Berlatihlah untuk berpikir positif dengan selalu bersyukur dan memperbanyak ibadah.

(Sumber: www.snacknation)

Related Posts

01

Mar
Artikel

Kebesaran dalam Hal-Hal Kecil adalah Hal Yang Hebat

Di negara China, seorang wanita yang baik hati bernama Nenek Chen*, seorang pemulung, berhenti sejenak dari apa yang sedang ia lakukan dan menyelamatkan Yue Yue, seorang balita berusia dua tahun, yang telah dilindas oleh dua truk, setelah 18 orang yang lewat tidak melakukan apa-apa. Ketika belas kasihnya menjadi berita utama di Tiongkok, banyak yang menyumbangkan uang kepadanya. […]

10

Nov
Artikel

Warga Negara Kelas Satu

Hari Pahlawan rutin kita peringati setiap tanggal 10 November. Tentu saja hal tersebut ditetapkan sebagai hari libur nasional bukan tanpa makna. Selain terus mengenang jasa para pahlawan, penting juga menemukan relevansi arti pahlawan, khususnya di era digital sekarang ini, di mana segala bentuk komunikasi lebih banyak dilakukan dalam dunia maya atau jejaring sosial. Secara etimologis, kata pahlawan[…]