Bekerja Bikin Bahagia

Bekerja Bikin Bahagia

By Stefanie Rachel

Hai Sob, apakah kamu sudah menemukan kebahagiaan di tempat kerja?

Ingat lho, 8 jam dalam sehari, 6 hari dalam seminggu, waktu kita habiskan di tempat kerja. Jadi, kalau kamu masih belum bisa merasa bahagia saat berada di tempat kerja, jangan-jangan kamu sudah atau akan terkena penyakit “stres akut”.

So, pastikan kamu menemukan kebahagiaan di tempat kerja dengan tips sederhana dibawah ini: :

1. Senyum

Senyum ternyata memiliki pengaruh terhadap cara kerja otak dan bisa menular. Coba perhatikan jika ada orang yang tersenyum kepadamu – entah disengaja atau tidak – pasti kamu juga akan membalas senyumannya. Pada saat itu bisa dibilang kamu “tertular” senyuman dari orang yang memberikan senyumannya. Tanpa disadari, lewat senyuman itu, kebahagiaan mulai terbentuk, karena kita merasa terhubung dengan orang lain di sekitar kita.

2. Berorientasi Ke Masa Depan

Kita akan lebih bahagia dalam melakukan pekerjaan kita hari ini, jika kita sudah mengetahui apa yang akan kita capai di masa depan. Kerja kita lebih terarah dan tentu saja membuat kita lebih termotivasi untuk bekerja maksimal. Jadi, mulailah membuat rencana jangka panjang!

3. Mengungkapkan rasa syukur

Membiasakan diri bersyukur dapat memicu kebahagiaan, tidur yang lebih nyenyak, dan meningkatkan kreatifitas. Selain itu, penelitian baru yang diterbitkan di Frontiers and Human Neuroscience menemukan bahwa menulis jurnal syukur dapat meningkatkan altruisme. Orang dapat menjadi lebih ringan tangan dan mengutamakan kepentingan orang lain.

4. Beri Penghargaan pada diri sendiri

Kenapa kamu bekerja keras? Apa yang jadi motivasi kamu? Coba deh luangkan waktu untuk merefleksikan diri dan beri penghargaan pada dirimu sendiri atas hasil yang telah kau capai, seperti pergi berlibur, pergi makan malam, atau membeli apa pun yang kamu inginkan.

5. Mempercantik/mendekor ruang/meja kerja

Kita terus mempercantik rumah kita, kenapa tidak kita lakukan untuk ruang kerja kita? Buat ruang kerja kita menjadi tempat yang menyenangkan untuk bekerja. Seperti memajang  beberapa bingkai foto, tatakan mouse yang lucu, atau tanaman kaktus yang indah.

Related Posts

12

Apr
News

BCA Gelar Pelatihan Kepemimpinan bagi Mahasiswa Berprestasi

Bandung,–Semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 BCA terus berlanjut dengan beragam program dan kegiatan, salah satunya adalah program untuk mendukung pengembangan pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Hal ini diwujudkan dalam Pelatihan Kepemimpinan bagi mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran. Hadir untuk membuka pelatihan, Hendri Darmin Kepala Pendukung Operasi Wilayah I, Sandro […]

05

Apr
Artikel

Jangan Takut Berbuat Kesalahan

Jangan Takut Berbuat Kesalahan (By Rachel S Halim) Siapa yang tidak tahu Albert Einstein? Seorang fisikawan teoritis yang dipandang sebagai ilmuan terbesar dan terkenal di abad ke 20. Teori relativitas sangat menempel dengan sosok Einsten. Selain teori relativitas yang menjadi terkenal di seluruh belahan bumi, Einsten juga mengemukakan beberapa teori diantaranya mekanika kuantum, mekanika statistik dan kosmologi.[…]