Jangan Takut Berbuat Kesalahan

Jangan Takut Berbuat Kesalahan

(By Rachel S Halim)

Siapa yang tidak tahu Albert Einstein? Seorang fisikawan teoritis yang dipandang sebagai ilmuan terbesar dan terkenal di abad ke 20. Teori relativitas sangat menempel dengan sosok Einsten. Selain teori relativitas yang menjadi terkenal di seluruh belahan bumi, Einsten juga mengemukakan beberapa teori diantaranya mekanika kuantum, mekanika statistik dan kosmologi. Tapi dibalik kejeniusannya, ternyata  di bangku sekolah Einstein dikenal sangat lambat dalam mata pelajaran Sains dan Matematika. Selain itu dia juga memiliki kepribadian yang cenderung pendiam dan pemalu.

Tidak ada satu manusia pun yang bersih dari kesalahan, meski ia adalah orang sejenius Albert Einstein.  Ia juga seorang manusia biasa yang tak luput dari salah, bahkan ia sempat dicap bodoh dan gila. Berbagai percobaan yang dilakukannya beberapa kali mengalami kegagalan semisal kesalahannya dalam menafsirkan prinsip mahc serta yang paling tersohor adalah kesalahan pertamanya ketika melakukan percobaan pada teori relativitas umum.

Namun seperti dikutip dari Life Idntimes, Einstein mengatakan bahwa “Jangan takut berbuat salah. Kesalahan bukan kegagalan. Kesalahan bisa membuat anda lebih kuat, lebih pandai dan lebih cepat”.

A mistake has never tried anything new.

Kesalahan adalah saat kita tidak pernah mencoba sesuatu yang baru. Tidak mau mencoba hanya  karena takut berbuat salah.

Kesalahan adalah hal yang sangat penting selama kita hidup. Dengan kesalahan, kita tahu sebuah perjuangan. Kesalahan juga sebagai pelatuk yang membuat kita terus belajar dan menjadi lebih baik lagi.

Ingatlah bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Ketika sebuah pengalaman bekerja, maka pengetahuan pun akan dinomor duakan. Ya, pengalaman menjadi hal yang penting selama kita hidup. Einstein selalu menghargai sebuah pengalaman, ketika sang fisikawan gagal dalam menerapkan sebuah teori relativitasnya yang tersohor tersebut, ia sadar bahwa pengalaman gagalnya saat itu sangat berguna bagi percobaannya dikemudian hari.

Ia sempat berujar bahwa dirinya lebih meyakini sebuah pengalaman daripada informasi. Lebih jelasnya ia katakan seperti ini “Informasi bukanlah pengetahuan. Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman.” Sangat jelas bahwa Einstein begitu yakin pada sebuah pengalaman. Jadi banyak-banyaklah mencari pengalaman yang positif, dan jangan takut berbuat kesalahan.

Related Posts

14

May
Artikel

Bekerja Bikin Bahagia

Bekerja Bikin Bahagia By Stefanie Rachel Hai Sob, apakah kamu sudah menemukan kebahagiaan di tempat kerja? Ingat lho, 8 jam dalam sehari, 6 hari dalam seminggu, waktu kita habiskan di tempat kerja. Jadi, kalau kamu masih belum bisa merasa bahagia saat berada di tempat kerja, jangan-jangan kamu sudah atau akan terkena penyakit “stres akut”. So, pastikan kamu […]

12

Apr
News

BCA Gelar Pelatihan Kepemimpinan bagi Mahasiswa Berprestasi

Bandung,–Semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 BCA terus berlanjut dengan beragam program dan kegiatan, salah satunya adalah program untuk mendukung pengembangan pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Hal ini diwujudkan dalam Pelatihan Kepemimpinan bagi mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran. Hadir untuk membuka pelatihan, Hendri Darmin Kepala Pendukung Operasi Wilayah I, Sandro[…]