Hubungan Menentukan Kualitas

Mantan CEO Apple Inc., Steve Jobs, membuat banyak orang heran karena dia sanggup mengumpulkan dan menyatukan banyak orang-orang brilian yang bermasalah dalam berelasi di perusahaan tempat mereka bekerja sebelumnya. Bagaimana menyatukan para pembuat masalah ini? Jobs mengatakan, “Orang-orang ini adalah profesional sejati. Jika mereka bertemu dengan para amatir, tentu akan terjadi masalah. Tetapi jika mereka bertemu dengan sesama profesional, maka mereka akan saling menghormati dan menjadi satu. Mengapa mereka dulu bermasalah? Karena mereka bekerja di tempat para amatiran. Tetapi di perusahaan saya, mereka seperti di rumah sendiri.” (Pemuda.Stemi.Id)

Hubungan di tempat kerja menjadi salah satu indikator kualitas diri dan kerja seseorang. Seorang amatiran akan meningkat menjadi seorang provesional, jika ia setiap hari berhubungan dengan para provesional. Sebaliknya, seorang provesional dapat menurun kualitasnya, jika ia setiap hari dikelilingi oleh para amatiran. Karena itu, perhatikanlah dengan siapa anda berhubungan setiap hari. Hubungan yang sehat akan melahirkan dukungan yang sehat, tetapi hubungan yang tidak sehat akan menularkan banyak penyakit, seperti penyakit malas, tidak jujur, korupsi, dan sebagainya, yang justru akan menjerumuskan kita ke dalam jurang kehancuran.

Temukanlah motivasi diri anda lewat hubungan dengan orang-orang yang membawa dampak positif, sehingga kualitas diri kita pun akan terus meningkat. Jangan rusak kesempatan  untuk meraih kesuksesan dengan hubungan yang salah, sehingga membawa kita ke arah yang salah, dan pada akhirnya membuat kita selalu melakukan tindakan yang salah. Karena motivasi merupakan hal terpenting dalam menentukan mutu dan kualitas kerja seseorang. Pada umumnya kinerja yang tinggi dihubungkan dengan motivasi yang tinggi. Sebaliknya, motivasi yang rendah dihubungkan dengan kinerja yang rendah. Kinerja seseorang kadang-kadang tidak berhubungan dengan kompetensi yang dimiliki, karena terdapat faktor diri dan lingkungan kerja yang mempengaruhinya.

“The most important single ingredient in the formula of success is knowing how to get along with people.” — Theodore Roosevelt